“Mengapa kamu berusaha sangat keras untuk melukai hati orang lain?”
Kim Ji-young Born 1982 adalah film yang sederhana. Jalinan
pengisahannya tak berbelit-belit, dan cakupan skalanya pun kecil saja. Sebatas
berkisar pada keseharian dari seorang ibu rumah tangga di Korea Selatan. Akan
tetapi, film yang menjadi debut penyutradaraan bagi Kim Do-young yang lebih
dulu dikenal sebagai aktris ini merupakan sajian penting yang tidak bisa
dipandang sebelah mata. Satu alasan utamanya, topik berani yang
dikedepankannya. Lebih dari sekadar slice
of life, Kim Ji-young Born 1982 yang
didasarkan pada novel berjudul sama rekaan Cho Nam-ju mengusung pembicaraan
tentang racun patriarki yang terhitung jarang disinggung secara terang-terangan
oleh film dari Negeri Ginseng. Apa pasal? Well,
dibalik gemerlap industri hiburan yang dipancarkan melalui Korean Wave, ada setumpuk cerita kelam yang merambat di setiap
sudut Korea Selatan. Budaya patriarki masih berdiri tegak dan sebagian besar
publik memilih untuk menutup mata atas dampak merusak yang dimunculkannya.
Pertanda bahwa ada pihak-pihak yang masih belum siap (atau justru enggan?)
untuk mendiskusikan isu mengenai kesetaraan gender secara terbuka telah nampak
sedari versi novelnya belum diejawantahkan ke dalam bahasa gambar. Personil
grup musik perempuan Red Velvet, Irene, menerima kecaman sangat keras usai
dirinya menyatakan telah membaca novel ini. Tidak tanggung-tanggung, ada aksi
pembakaran foto Irene oleh mereka yang tidak menyetujui pilihan Irene,
khususnya dari kalangan penggemar laki-laki. Sungguh ekstrim, bukan?
pengisahannya tak berbelit-belit, dan cakupan skalanya pun kecil saja. Sebatas
berkisar pada keseharian dari seorang ibu rumah tangga di Korea Selatan. Akan
tetapi, film yang menjadi debut penyutradaraan bagi Kim Do-young yang lebih
dulu dikenal sebagai aktris ini merupakan sajian penting yang tidak bisa
dipandang sebelah mata. Satu alasan utamanya, topik berani yang
dikedepankannya. Lebih dari sekadar slice
of life, Kim Ji-young Born 1982 yang
didasarkan pada novel berjudul sama rekaan Cho Nam-ju mengusung pembicaraan
tentang racun patriarki yang terhitung jarang disinggung secara terang-terangan
oleh film dari Negeri Ginseng. Apa pasal? Well,
dibalik gemerlap industri hiburan yang dipancarkan melalui Korean Wave, ada setumpuk cerita kelam yang merambat di setiap
sudut Korea Selatan. Budaya patriarki masih berdiri tegak dan sebagian besar
publik memilih untuk menutup mata atas dampak merusak yang dimunculkannya.
Pertanda bahwa ada pihak-pihak yang masih belum siap (atau justru enggan?)
untuk mendiskusikan isu mengenai kesetaraan gender secara terbuka telah nampak
sedari versi novelnya belum diejawantahkan ke dalam bahasa gambar. Personil
grup musik perempuan Red Velvet, Irene, menerima kecaman sangat keras usai
dirinya menyatakan telah membaca novel ini. Tidak tanggung-tanggung, ada aksi
pembakaran foto Irene oleh mereka yang tidak menyetujui pilihan Irene,
khususnya dari kalangan penggemar laki-laki. Sungguh ekstrim, bukan?
Saking dahsyatnya kontroversi
yang melingkungi Kim Ji-young Born 1982,
satu tanya pun tercetus. Bagaimana sejatinya narasi yang disodorkan olehnya?
Pada dasarnya, film ini hanya merekam keseharian dari Kim Ji-young (Jung Yu-mi)
setelah dia memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya dan memilih mendedikasikan
waktunya untuk mengurus rumah tangga. Sepintas lalu, kehidupan yang dijalani
oleh Kim Ji-young tampak baik-baik saja, toh dia mempunyai seorang suami, Jung
Dae-hyun (Gong Yoo), yang senantiasa mendukungnya. Tapi pandangan penonton akan
seketika berubah ketika menyaksikan bagaimana orang-orang di sekitarnya
memperlakukannya, dan bagaimana masa lalunya dihiasi oleh trauma sekaligus
tekanan. Kim Ji-young tidak pernah bisa menjalani hidupnya tanpa disertai
komentar-komentar menyakitkan yang membuat posisinya terasa serba salah. Di
mata sang mertua, dia tidak cukup cakap menjalankan tugasnya dalam menangani
ibu rumah tangga yang secara otomatis merendahkan posisinya sebagai seorang
perempuan. Sementara di mata orang-orang yang tak mengenalnya, pekerjaannya
dipandang tanpa arti lantaran dia tidak menghasilkan apapun dan justru dianggap
hanya menghambur-hamburkan gaji suami. Memperoleh tekanan sosial semacam ini –
terlebih lagi Kim Ji-young pun tak memiliki kesempatan untuk memanjakan diri –
secara perlahan tapi pasti membuat protagonis kita tersebut mengalami depresi.
Tak jarang, dia ‘berubah’ menjadi orang lain saat berbicara dengan keluarganya
tanpa pernah sekalipun menyadari apa yang telah dilakukannya.
yang melingkungi Kim Ji-young Born 1982,
satu tanya pun tercetus. Bagaimana sejatinya narasi yang disodorkan olehnya?
Pada dasarnya, film ini hanya merekam keseharian dari Kim Ji-young (Jung Yu-mi)
setelah dia memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya dan memilih mendedikasikan
waktunya untuk mengurus rumah tangga. Sepintas lalu, kehidupan yang dijalani
oleh Kim Ji-young tampak baik-baik saja, toh dia mempunyai seorang suami, Jung
Dae-hyun (Gong Yoo), yang senantiasa mendukungnya. Tapi pandangan penonton akan
seketika berubah ketika menyaksikan bagaimana orang-orang di sekitarnya
memperlakukannya, dan bagaimana masa lalunya dihiasi oleh trauma sekaligus
tekanan. Kim Ji-young tidak pernah bisa menjalani hidupnya tanpa disertai
komentar-komentar menyakitkan yang membuat posisinya terasa serba salah. Di
mata sang mertua, dia tidak cukup cakap menjalankan tugasnya dalam menangani
ibu rumah tangga yang secara otomatis merendahkan posisinya sebagai seorang
perempuan. Sementara di mata orang-orang yang tak mengenalnya, pekerjaannya
dipandang tanpa arti lantaran dia tidak menghasilkan apapun dan justru dianggap
hanya menghambur-hamburkan gaji suami. Memperoleh tekanan sosial semacam ini –
terlebih lagi Kim Ji-young pun tak memiliki kesempatan untuk memanjakan diri –
secara perlahan tapi pasti membuat protagonis kita tersebut mengalami depresi.
Tak jarang, dia ‘berubah’ menjadi orang lain saat berbicara dengan keluarganya
tanpa pernah sekalipun menyadari apa yang telah dilakukannya.
Terdengar sederhana, bukan?
Memang begitulah Kim Ji-young Born 1982 mengedepankan
narasinya. Jauh dari kata njelimet dan langsung tepat sasaran. Sebuah pendekatan
yang jelas dibutuhkan untuk masyarakat yang memilih menutup mata serta telinga
mengenai keadaan sosial di sekitarnya. Sindiran halus bukan lagi pilihan untuk
menyadarkan mereka yang telah kehilangan empati, melainkan tamparan keras-keras
di muka. Tidak mengherankan jika kemudian ada beberapa pihak yang merasa
tersinggung dengan keberadaan film ini (maupun versi novelnya) lantaran Kim Ji-young Born 1982 mengupas soal
realita budaya patriarki di Korea Selatan tanpa tedeng aling-aling. Kita mendengar
bagaimana perempuan dituntut untuk senantiasa bersikap lemah lembut, kita
melihat bagaimana perempuan dituntut untuk menjadi ibu rumah tangga yang sempurna
sekaligus patuh pada suami, dan kita juga menyaksikan bagaimana perempuan
diperlakukan semena-mena di dunia kerja maupun lingkungan sosial. Para pelakunya
tentu saja kaum pria, meski tidak sedikit diantaranya adalah perempuan yang sudah
kedarung menganggap budaya ini sebagai sesuatu yang lazim. Kim Ji-young mendapat
perlakuan tersebut sedari dirinya masih belia, temasuk perlakuan traumatis
dimana dia mengalami pelecehan seksual di bis sepulangnya dari sekolah. Yang
kemudian membuat dada ini terasa sesak, protagonis kita ini tidak pernah mendapatkan
keadilan dan justru dipersalahkan oleh sang ayah. Bentuk perlakuan yang
sejatinya lumrah pula dijumpai di Indonesia (dan belahan dunia lain) sehingga
sedikit banyak memudahkan kita untuk terkoneksi dengan apa yang dialami sang
protagonis.
Memang begitulah Kim Ji-young Born 1982 mengedepankan
narasinya. Jauh dari kata njelimet dan langsung tepat sasaran. Sebuah pendekatan
yang jelas dibutuhkan untuk masyarakat yang memilih menutup mata serta telinga
mengenai keadaan sosial di sekitarnya. Sindiran halus bukan lagi pilihan untuk
menyadarkan mereka yang telah kehilangan empati, melainkan tamparan keras-keras
di muka. Tidak mengherankan jika kemudian ada beberapa pihak yang merasa
tersinggung dengan keberadaan film ini (maupun versi novelnya) lantaran Kim Ji-young Born 1982 mengupas soal
realita budaya patriarki di Korea Selatan tanpa tedeng aling-aling. Kita mendengar
bagaimana perempuan dituntut untuk senantiasa bersikap lemah lembut, kita
melihat bagaimana perempuan dituntut untuk menjadi ibu rumah tangga yang sempurna
sekaligus patuh pada suami, dan kita juga menyaksikan bagaimana perempuan
diperlakukan semena-mena di dunia kerja maupun lingkungan sosial. Para pelakunya
tentu saja kaum pria, meski tidak sedikit diantaranya adalah perempuan yang sudah
kedarung menganggap budaya ini sebagai sesuatu yang lazim. Kim Ji-young mendapat
perlakuan tersebut sedari dirinya masih belia, temasuk perlakuan traumatis
dimana dia mengalami pelecehan seksual di bis sepulangnya dari sekolah. Yang
kemudian membuat dada ini terasa sesak, protagonis kita ini tidak pernah mendapatkan
keadilan dan justru dipersalahkan oleh sang ayah. Bentuk perlakuan yang
sejatinya lumrah pula dijumpai di Indonesia (dan belahan dunia lain) sehingga
sedikit banyak memudahkan kita untuk terkoneksi dengan apa yang dialami sang
protagonis.
Terlebih lagi, penulisan karakternya
pun membumi. Kim Ji-young adalah representasi dari para perempuan kebanyakan
yang tak berdaya dirongrong patriarki. Ketimbang memberi perlawanan seperti
mantan atasan yang dikaguminya atau sang adik yang memutuskan untuk tetap
melajang, dia justru memilih untuk diam dan “nerimo”. Menganggap semuanya akan
baik-baik saja apabila bersedia mengikuti aturan sosial. Tapi benarkah
demikian? Kenyataannya, si karakter tituler justru terserang depresi akibat kebiasaan
menekan emosi-emosinya. Perlahan tapi pasti, dia kerap meracau menggunakan
sudut pandang orang lain yang seketika membingungkan keluarganya. Menggunakan nada
penceritaan yang tenang namun depresif, Kim Do-young mengondisikan penonton
untuk menyelami pikiran-pikiran beserta pandangan-pandangan Kim Ji-young. Disokong
oleh performa mengagumkan Jung Yu-mi yang sanggup memperlihatkan kerapuhan si
karakter utama, sulit rasanya untuk tidak bersimpati kepadanya. Saya tersentak
mengetahui masa lalunya, saya terhenyak mengetahui cibiran dari orang-orang di
sekelilingnya, dan saya pun tak kuasa untuk menahan air mata tatkala keluarga
kandung Kim Ji-young menyadari kondisi mentalnya. Satu momen yang membuat saya “hancur”
adalah adegan kunjungan seorang ibu ke rumah putri sulungnya. Coba bayangkan, hati
orang tua mana yang tidak tercabik-cabik melihat anaknya yang selama ini
dipenuhi optimisme mengenai kehidupan, mendadak menderita dan tak pernah sekalipun
menyebut penderitaannya ini demi menjaga perasaan orang lain?
pun membumi. Kim Ji-young adalah representasi dari para perempuan kebanyakan
yang tak berdaya dirongrong patriarki. Ketimbang memberi perlawanan seperti
mantan atasan yang dikaguminya atau sang adik yang memutuskan untuk tetap
melajang, dia justru memilih untuk diam dan “nerimo”. Menganggap semuanya akan
baik-baik saja apabila bersedia mengikuti aturan sosial. Tapi benarkah
demikian? Kenyataannya, si karakter tituler justru terserang depresi akibat kebiasaan
menekan emosi-emosinya. Perlahan tapi pasti, dia kerap meracau menggunakan
sudut pandang orang lain yang seketika membingungkan keluarganya. Menggunakan nada
penceritaan yang tenang namun depresif, Kim Do-young mengondisikan penonton
untuk menyelami pikiran-pikiran beserta pandangan-pandangan Kim Ji-young. Disokong
oleh performa mengagumkan Jung Yu-mi yang sanggup memperlihatkan kerapuhan si
karakter utama, sulit rasanya untuk tidak bersimpati kepadanya. Saya tersentak
mengetahui masa lalunya, saya terhenyak mengetahui cibiran dari orang-orang di
sekelilingnya, dan saya pun tak kuasa untuk menahan air mata tatkala keluarga
kandung Kim Ji-young menyadari kondisi mentalnya. Satu momen yang membuat saya “hancur”
adalah adegan kunjungan seorang ibu ke rumah putri sulungnya. Coba bayangkan, hati
orang tua mana yang tidak tercabik-cabik melihat anaknya yang selama ini
dipenuhi optimisme mengenai kehidupan, mendadak menderita dan tak pernah sekalipun
menyebut penderitaannya ini demi menjaga perasaan orang lain?
Kim Ji-young Born 1982 sanggup membangun kesadaran terhadap mental illness seraya mengkritisi budaya
patriarki dengan amat baik dan powerful.
Melalui film ini, penonton akan sedikit banyak memperoleh pemahaman mengenai
depresi berikut faktor-faktor yang melatarinya, mendapat gambaran tentang
budaya patriarki yang semestinya tidak dilanggengkan, dan pada akhirnya
terdorong untuk memanusiakan manusia. Ya, Kim
Ji-young Born 1982 yang juga hidup berkat kontribusi akting dari para
pemain lain (khususnya Gong Yoo yang tampil simpatik sebagai suami penuh empati)
akan membuatmu tersadar betapa besarnya jasa beserta pengorbanan dari para ibu,
para istri, dan para perempuan. Inilah satu film yang semestinya tidak kamu lewatkan
begitu saja.
patriarki dengan amat baik dan powerful.
Melalui film ini, penonton akan sedikit banyak memperoleh pemahaman mengenai
depresi berikut faktor-faktor yang melatarinya, mendapat gambaran tentang
budaya patriarki yang semestinya tidak dilanggengkan, dan pada akhirnya
terdorong untuk memanusiakan manusia. Ya, Kim
Ji-young Born 1982 yang juga hidup berkat kontribusi akting dari para
pemain lain (khususnya Gong Yoo yang tampil simpatik sebagai suami penuh empati)
akan membuatmu tersadar betapa besarnya jasa beserta pengorbanan dari para ibu,
para istri, dan para perempuan. Inilah satu film yang semestinya tidak kamu lewatkan
begitu saja.
Outstanding (4/5)
, Terimakasih telah mengunjungi Ulasani.com, semoga bermanfaat dan lihat juga di situs berkualitas dan paling populer Aopok.com, peluang bisnis online Topbisnisonline.com, pasang iklan gratis Iklans.com dan join di komunitas Topoin.com.